Penting Untuk Orang Tua Memahami Dan Mengerti Hal Ini

Penting Untuk Orang Tua Memahami Dan Mengerti Hal Ini

Sebagai orang tua, pasti akan ada banyak sekali kekhawatiran yang ada di kepala akan anaknya. Orang tua memiliki banyak sekali pikiran, mulai dari bagaimana menghidupi keluarganya, bagaimana menjaga keluarganya, bagaimana memastikan bahwa keluarganya baik-baik saja. Baik hari ini, besok dan seterusnya. Orang tua akan merencanakan masa depan anak dengan sebaik mungkin. Berusaha untuk anak bisa memiliki masa depan yang cerah yang lebih baik. Dan bahkan orang tua ingin anaknya bisa menjadi lebih baik dari orang tuanya. Kalau bisa lebih sukses dari orang tuanya. 

Penting Untuk Orang Tua Memahami Dan Mengerti Hal Ini

Dan itulah segala permasalahan dan pergumulan orang tua yang ada di kepala mereka. Mereka memiliki banyak sekali kekhawatiran, yang dimana itu untuk kebaikan anak-anaknya. Tapi kadang karena saking sayangnya, membuat orang tua merasa kekhawatiran yang berlebih. Dan dampaknya bisa ke banyak hal. Contohnya, orang tua menjadi keras kepala, dan menjadi idealis. Orang tua merancang masa depan anak, mulai dari nanti masuk sekolah SD, SMP, SMA dimana. Kuliah nanti dimana, ngambil jurusan apa, dan nanti bekerja sebagai apa. 

Semua ditata oleh orang tua, tapi orang tua lupa bertanya kepada anak, apakah dia menyukai itu. Apakah dia setuju dengan apa yang orang tua sudah rancangkan? Karena seringkali apa yang orang tua rencanakan itu tidak seirama dengan kemauan si anak. Sehingga, pada akhirnya anak menjadi berat hati, merasa tertekan, dan dia bisa menjadi pembangkang. Karena semua yang dia lakukan diatur. Dia tidak diberi kesempatan untuk memilih dan memutuskan. Ini harus sangat diperhatikan oleh para orang tua. 

Yang baik untuk orang tua belum tentu baik bagi anak. Jadi biarkan anak memilih. Berikan anak kesempatan untuk memilih dan menjalaninya. Berikan mereka kepercayaan. Saat kalian orang tua bisa memberikan kepercayaan kepada anak, maka percayalah anak akan akan sangat menghargai itu dan dia akan memanfaatkannya. Dia akan lebih bersungguh-sungguh melakukan apa yang harus dia lakukan. Karena dia merasa senang diberikan kepercayaan oleh orang tuanya.