Ada Kalanya Kita Perlu Untuk Diam Introspeksi Diri Dan Lakukan Secara Rutin

Tidak Semua Orang Bisa Memiliki Sudut Pandang Yang Sama

Kita kadang terlalu fokus dengan pekerjaan kita, kegiatan kita, aktivitas kita. Sehingga kita lupa untuk melihat diri kita, untuk introspeksi diri kita. Melihat apa ada salah, apa ada kurang. Apa saja yang harus ditingkatkan. Apa yang diperlukan. Hal ini sebenarnya sangat penting untuk dilakukan. Karena dengan ini, kita tahu, kita tidak selamanya benar. Kita pasti ada melakukan kesalahan baik secara sadar dan tidak sadar. Ada saja yang kita lewatkan. Dan kita perlu waktu untuk berkaca, untuk rewind lagi apa yang terjadi. Analisa apa yang sudah terjadi. Dan lihat apa yang kurang. Jadi kita bisa menjadi seseorang yang lebih dewasa dan bijak. 

Ada Kalanya Kita Perlu Untuk Diam Introspeksi Diri Dan Lakukan Secara Rutin

Karena banyak orang yang tidak melakukan hal ini. Dan kita bisa lihat orang-orang yang tidak pernah memberikan waktu untuk diri mereka rewind apa saja yang sudah mereka lakukan. Tidak memberikan kesempatan untuk diri mereka menganalisa apa yang sudah-sudah. Sehingga mereka tidak akan pernah merasa mereka salah, mereka tidak pernah merasa mereka melakukan kesalahan. Dan akhirnya mereka akan terus berpikir mereka paling benar. Dan mereka sudah melakukan hal-hal benar. Dan cara mereka sudah yang paling benar. 

Membuat diri lebih keras kepala dan sombong. Dan ini tidak baik jika terus dibiarkan. Karena kesombongan dan sikat tidak tahu diri adalah awal dari kejatuhan seseorang. Orang sehebat apa pun, sepintar apapun, mereka masih sering melakukan kesalahan. Mereka tidak lepas dari kesalahan dan kelalaian. Tapi bedanya, mereka selalu memberikan waktu, menyediakan waktu untuk mereka bisa rewind lagi apa saja yang sudah mereka lakukan sejauh ini. Dan mereka akan menganalisa semua itu, dan mencari apa kurang dan apa yang telah terlewatkan. 

Dan tidak sedikit dari mereka meminta feedback dari orang sekitar. Dan itu butuh hati yang besar untuk melakukan. Tapi dengan itu, mereka bisa memperbaiki diri menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. Sehingga mereka akan terus memperbaiki diri dan menjadi seseorang yang lebih baik. Dan itu alasan kenapa mereka bisa menjadi orang-orang yang berhasil dan bisa sampai di titik ini mereka berada. Jadi mulailah kita juga melakukan hal yang sama. Siapkan waktu, dan mulai telaah dirimu.