Saat Kalian Bisa Membedakan Kebutuhan Dan Keinginan Itu Akan Mempermudah Kalian Menjalani Hidup

Saat Kalian Bisa Membedakan Kebutuhan Dan Keinginan Itu Akan Mempermudah Kalian Menjalani Hidup

Kadang kala kita merasa hidup itu sangat sulit. Kita merasa semua begitu rumit dan kalian tidak mampu melewatinya. Merasa ini sudah diluar kapasitas kita, sudah diluar kemampuan kita. Padahal sebenarnya semua masih dalam kendali kita. Semua masih bisa kita tangani dan hadapi. Hanya saja tenaga, energi kita sedang terkuras habis saat itu. Sehingga kita merasa pesimis. Tapi pada dasarnya kita bisa melewatinya. Hanya perlu berikan sedikit waktu untuk kalian mengumpulkan tenaga kalian lagi. 

Saat Kalian Bisa Membedakan Kebutuhan Dan Keinginan Itu Akan Mempermudah Kalian Menjalani Hidup

Dan kadang sebenarnya hidup kita tidak serumit yang kita bayangkan dan kita rasakan. Hanya saja kita yang menciptakan sendiri kerumitan itu. Kita sendiri yang membuatnya terlihat sulit dan menjadi rumit. Padahal itu sebenarnya sangatlah simpel. Kita sering sekali berpikir sulit, berpikir berbelit-belit. Memikirkan cara penyelesaian yang paling rumit dan panjang. Padahal ada cara yang sangat mudah dan singkat. Kenapa kita bisa begitu? Jawabannya sangatlah sederhana. Karena kita mencemaskan dan mengkhawatirkan banyak hal. 

Semakin banyak hal yang kita khawatirkan dan kita cemaskan, maka pandangan kita akan semakin sempit dan terbatas. Membuat kita tidak bisa melihat cara-cara yang mudah. Itulah kenapa kita sering merasa frustasi akan hidup. Dan sebenarnya ada banyak cara untuk membuat hidup itu tidak terlalu sulit dan rumit. Asalkan kita mau belajar dan mengerti. Dan paling penting belajar untuk berusaha dan tidak bergantung pada orang lain. Salah satu hal yang bisa mempermudah hidup kita adalah dengan mengerti dan bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan. 

Saat kita sudah bisa membedakan kebutuhan dan keinginan kita, maka akan semakin mudah kita menjalani hidup. Akan semakin terasa gampang untuk kita. Melewati hari-hari kita. Karena kita sudah mengenal diri kita, dan tahu jelas apa tujuan kita, apa yang kita butuhkan dan mana yang sekedar keinginan semata. Saat kita bisa membedakan itu, maka kita akan lebih memprioritaskan kebutuhan kita ketimbang apa yang kita inginkan. Kita semakin bisa mengontrol diri dan ego kita.