• Mon. Apr 19th, 2021

Panduan Bermain Gaple Online Untuk Pemula

Panduan Bermain Gaple Online Untuk Pemula

Gaple merupakan permainan domino yang menggunakan 28 buah kartu yang dimainkan oleh 4 orang pemain. Masing-masing pemain akan diberikan 7 buah kartu.  Permainan ini membutuhkan strategi. Sangat berbeda dengan permainan kartu domino yang lainnya seperti qiu-qiu atau ceme. Permainan gaple online mengandalkan strategi dalam permainan berbeda dengan qiu-qiu dan domino yang permainannya mengandalkan keberuntungan.

Aturan-Aturan Dalam Permainan Gaple Domino

Permainan gaple memiliki beberapa aturan permainan. Di dalam permainan gaple ada 7 buah kartu yang merupakan kartu kembar yang biasa dibilang kartu balak. Di permainan ini, kartu tertinggi adalah balak 6. Jadi pemain yang memiliki kartu balak 6 dipersilahkan untuk memulai permainan. Lalu akan diikuti oleh pemain lainnya.

Pemenang dalam permainan ini dapat di nilai dari siapa yang kartunya duluan habis. Jika di akhir permainan kondisi pemain semua masih memiliki kartu di tangan, yang merupakan kartu sisa. Maka pemenang akan dinilai dari paling rendahnya nilai kartu yang dimiliki. Kondisi seperti ini disebut juga goplah. Jika pemain dengan sengaja tidak keluarkan kartu karena untuk menutup jalan lawan, maka pemain ini akan dikenakan sanksi dengan membayar duit pass kepada pemain yang sebelumnya. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini:

  • Permainan gaple hanya bisa dimainkan oleh 4 orang saja.
  • Masing-masing akan diberikan 7 buah kartu.
  • Untuk memulai permainan pertama kali, pemain yang memiliki kartu balak 6, dapat memulai terlebih dahulu permainan, lalu akan diikuti oleh pemain lainnya searah jarum jam.
  • Jika pemain mendapatkan lebih dari 5 kartu balak, maka permainan harus diulang. Karena dianggap tidak adil.
  • Jika kartu tangan pemain sudah tidak ada yang bisa dikeluarkan, maka akan dinyatakan pass, begitupun seterusnya.
  • Lalu untuk penilaiannya adalah melihat siapa yang kartunya sudah habis duluan, jika tidak ada, maka seluruh pemain wajib¬† menghitung jumlah nilai kartu yang ada di tangan, yang memiliki jumlah nilai paling sedikit, dia lah dinyatakan menang.
  • Jika pemain memiliki kartu sisa yang merupakan balak nol di tangan dan itu merupakan sia kartu anda, maka nilai kartu tersebut adalah 25. Tapi jika kamu masih memiliki kartu yang sisinya bernilai nol, maka balak nol akan tetap bernilain nol.

Tips Untuk Kalian Pemula Dalam Bermain Gaple

  • Amati kartu tangan anda. Kalian akan mendapatkan gambaran kartu lawan seperti apa. Akan sangat menguntungkan jika kalian memiliki kartu yang dominan contohnya, 1-2, 1-1, 1-5, 1-6. Disini kalian memiliki 4 buah kartu yang dominan adalah angka satu, kalian bisa memanfaatkan keadaaan ini untuk menutup jalannya pemain yang berikutnya.
  • Buang kartu besar di awal permainan. Jangan kalian simpan kartu besar di tangan. Sebisa kalian keluarkan semua kartu yang memiliki nilai yang tinggi. Makin kecil nilai kartu anda, makin besar kesempatan kalian bisa memenangkan permainan.
  • Matikan kartu balak lawan anda. Untuk membunuh kartu balak, kamu harus menutup kartu yang ingin dibunuh. Atau kamu juga dapat langsung menutup kartu yang berujung 6 dengan kartu lainnya. Hal ini dilakukan agar pemain lain tidak memiliki kesempatan untuk mengeluarkan kartu balak 5. Strategi ini bisa dibilang sangat sulit untuk dilakukan namun kalian bisa mencobanya. Kartu balak 5 dan 6 memiliki dampak yang cukup besar di akhir permainan. Untuk mematikan kartu lawan memang sedikit sulit, ini dikarenakan untuk melakukan hal ini cukup, sulit dan butuh kerja sama bersama teman juga. Contohnya jika kalian menutup angka 5, akan tetapi pemain lainnya keluarkan kartu yang berujung 5 dan akhirnya usaha untuk menutup jalan lawan tidak berhasil.
  • Butuh fokus dan analisa yang baik dari pemain. Kalian harus memperhatikan kartu lawan anda. Perhatikan kartu yang sudah dibuang di meja, dan sesuaikan dengan kartu tangan anda, maka kalian bisa mendapatkan gambaran atau tafsiran, kartu apa yang dipegang oleh pemain lainnya. Cara ini bisa membantumu untuk memutuskan akan langkah seperti apa.

Perbedaan Gaple Dan Qiu Qiu

Walaupun permainan ini sama-sama menggunakan kartu domino, tapi gameplay nya sangatlah berbeda. Mungkin qiu-qiu masih bisa disamakan dengan ceme, tapi gaple sangat beda jauh. Gaple membutuhkan fokus pemain, karena bermain gaple merupakan permainan strategi. Kalian tidak bisa mengandalkan keberuntungan dalam permainan ini. Permainan gaple bisa kalian bermain secara online maupun offline atau darat. Kalau dalam permainan gaple darat, Sisa kartu tangan akan dijumlahkan jadi nanti nilai dari kartu tersebut akan dikalikan dengan nominal yang sudah disepakati di awal game. Jika kalian ingin bermain judi online kartu domino dan butuh sedikit tantangan, kalian bisa mencoba permainan satu ini