Kekecewaan Bisa Membuat Seseorang Berubah 180 Derajat Entah Semakin Baik Atau Buruk

Kekecewaan Bisa Membuat Seseorang Berubah 180 Derajat Entah Semakin Baik Atau Buruk

Kita semua pernah membuat orang kecewa, dan pernah juga dikecewakan. Saat kita dikecewakan, apalagi oleh orang yang sangat-sangat penting dan berarti bagi kita. Pasti ada hal yang berubah di dalam hidupmu. Entah dari pola pikirmu, entah dari cara kalian menilai sesuatu, entah dari sikapmu. Tanpa kalian sadari, pasti akan ada perubahan, walaupun itu hanya sedikit. Dan biasanya jika kalian dikecewakan oleh orang yang sangat penting, itu bisa membuat kalian berubah 180 derajat. 

Kekecewaan Bisa Membuat Seseorang Berubah 180 Derajat Entah Semakin Baik Atau Buruk

Tidak bisa dipastikan, entah kalian menjadi lebih baik, atau lebih buruk, yang pasti kalian akan menjadi pribadi yang berbeda dari sebelumnya. Banyak kejadian orang-orang yang berubah karena habis dikecewakan oleh seseorang yang sangat penting baginya. Ada orang yang awalnya baik, dia bisa berubah drastis. Dia bisa menjadi seseorang yang seperti tidak ada hati. Menjadi sangat dingin, dan simpati dan empati nya berkurang drastis. Dan mulai melakukan hal-hal yang tidak biasa atau bahkan tidak pernah dilakukan olehnya. Seperti minum-minuman keras, merokok, narkoba dan ada yang bisa jadi fuck girl atau fuck boy. 

Kalau seseorang itu dewasa. Dia bisa menjadikan kekecewaan itu, sebagai pengalaman berharga, sebagai pelajaran penting. Dan dia akan intropeksi diri dan melihat apa yang salah, apa yang kurang, apa yang harus diperbaiki. Dan dia akan memperbaiki hidupnya, dan melakukan lebih baik, agar tidak akan dikecewakan lagi. Dan akan berusaha untuk tidak membuat orang lain kecewa, karena dia sudah merasakan betapa sakitnya saat dikecewakan oleh orang lain. 

Dan ada juga orang yang berubah menjadi seseorang yang tidak mudah percaya kepada orang lain. Sehingga dia akan lebih mengandalkan dirinya sendiri. Dan akan sulit untuk dekat dengan orang. Jadi wajar akan sedikit sulit untuk bisa dekat dan mengambil hati dan perhatian dari orang yang pernah dikecewakan begitu dalam. Karena itu bisa menjadi sebuah traumatic bagi mereka, dan tidak mudah untuk mengembalikan rasa percaya dan rasa nyaman itu pada mereka. Jadi dibutuhkan pengertian bagi kalian.